Ini Shampoo-ku! Apa Shampoo-mu?

Kalau ngomongin rambut ga ada matinya deh. Soalnya rambut gue itu ampun deh susahnya diatur grrrrrr!! Udahlah lebat, megar banget, kering, ga hitam berkilau, bercabang, dan sejak gue hijrah kesini tambah dua lagi masalahnya! Ketombe dan rontok! Ketombe dulu sih di Indo juga ada tapi jarang-jarang banget munculnya, palingan juga kalau lagi panes banget. Lah disini? Mataharinya aja malu-malu kucing hidup segan mati tak mau, ketombenya seabrek-abrek non stop.

Sejak dua tahun lalu segala cara sudah gue tempuh. Keramas yang dulunya teratur jadi super teratur, beli tonic, shampoo anti ketombe, shampoo ala a, ala b, ala c, ala bla bla bla. Yep gue suka cobain variasi berbagai shampoo. Bukan karena gonta-ganti shampo rambut gue rusak, tetapi karena rambut gw rusaklah gue berani cobain berbagai shampoo dengan harapan bertemu yang cocok. Namun sampai sekarang hasilnya masih nihil.

Ini adalah shampoo-shampoo yang masih bertengger di kamar mandi gue. Ada tiga : Syoss Keratin Primer, Garnier Natural Beauty - olive oil&citrus, dan Sebamed Anti Dandruff.


Nah loh tapi ada empat itu di gambarnya. Yoa botol sebiji yang bertuliskan Apfel Essig itu bukan shampoo tapi ACV (Apple Cider Vinegar) aka cuka apel. Gue ikut fotoin karena cuka apel ini salah satu rutinitas penting yang gue tambahin di perawatan rambut seminggu terakhir ini.

Pasalnya beberapa bulan terakhir ketombe gw makin parah disusul dengan rontok yang menjadi-jadi. Gue cuekin kedua masalah ini terutama rontoknya karena gue berpikir toh rambut gue banyak ini, ngembang pula. Kalau berkurang dikit kan justru bagus, jadinya pas kalo ngembang. Sampe gue sadar kalau dengan cuma megang rambut aja gue bisa kehilangan sampai 10 helai rambut, buka tong sampah isinya rambut semua hiyyyyyy seramm! Mulailah gue ketakutan dan akhirnya cari-cari informasi untuk mengatasi kedua masalah ini.

Selagi nyari-nyari gue teringat dengan perawatan menggunakan cuka apel untuk masalah ketombe. Dulu gue pernah coba tapi karena males gue tinggalin setelah beberapa hari. Akhirnya gue browsing lagi deh cara-cara perawatan rambut menggunakan cuka apel ini. Yang berujung pada gue beli shampoo baru lagi yaitu si Garnier itu. Karena kalau dari sumber yang gue baca perawatan cuka apel sebaiknya disertai dengan penggunaan shampoo yang natural yang memiliki unsur citrus atau tea tree.

Udah seminggu gue pakai cuka apel ini tiap hari dan hasilnya memuaskan. Ketombe gue berkurang! Mungkin karena dibanding dulu penggunaan dosis cuka apel yang gue aplikasiin sekarang lebih pas. Untuk masalah rontok nya gue perhatiin belum ada perubahan yang berarti, tapi namanya juga masih baru, harus sabar. Pertama-tama ketombenya dulu yang dibantai, mudah-mudahan setelah ketombenya hilang rontoknya juga sembuh.

Inggo Lia

No comments:

Post a Comment

Instagram