OBE (Out of Body Experience) dan NDE (Near Death Experience)

Mungkin untuk memulai tulisan ini ada baiknya ditilik dulu apa itu OBE dan NDE. Karena kedua hal ini bukan sesuatu yang bisa dibilang umum.

OBE (Out of Body Experience), sebagaimana kalau gue kutip dari Wikipedia, maka pengertiannya adalah sebagai berikut: "An out-of-body experience (OBE or Sometimes OOBE) is an experience that typically involves a sensation of floating outside one's body and, in some cases, perceiving one's physical body from a place outside one's body (autoscopy)."

Sedangkan NDE yang juga dikutip dari Wikipedia adalah "Another form of spontaneous OBE is the near-death experience (NDE). Typically the experience includes such factors as: a sense of being dead; a feeling of peace and painlessness; hearing of various non-physical sounds, an out-of-body experience; a tunnel experience (the sense of moving up or through a narrow passageway); encountering "people of light" and a God-like figure or similar entities; being given a "life review", and a reluctance to return to life."

Gue terpikir untuk menulis OBE dan NDE ini tak lain dan tak bukan karena kekesalan gue tidak bisa protes di suatu forum maya yang membahas ini. Berawal dari membaca sejarah nusantara (red. yang baru selesai dibaca itu Wangsit Siliwangi, dan Sabdo Palon) browsing sana, browsing sini akhirnya nyangkutlah di topik OBE dan NDE yang sukses membuat gue ga tidur sampai jam tujuh pagi. Puncaknya nemu itu forum yang menurut gue harus diprotes kesaksian NDE nya, tapi apa daya...mau protes harus login. Register sukses, dapet konfirmasi kalau akun akan aktif kalau sudah lakukan aktivasi melalui email tapi aktivasi email tidak sampai-sampai sampai sekarang. Capek toh nunggu, ya sudahlah berhubung baru bikin blog ini, sekalian aja gue tumpahin disini semuanya.

Menurut pengalaman NDE yang ada di forum tersebut (maaf, forum tepatnya tidak bisa gue sebutkan karena sensitif, menyangkut kehidupan beragama) saat roh pelaku keluar dari tubuhnya dia merasakan sakit yang luar biasa, seperti dihunus pedang. Pernyataan ini tidak bisa gue percayai karena setau gue saat roh keluar dari tubuh itu tidak terasa sakit sama sekali, yang ada justru kebalikannya yaitu sakit saat roh kembali ke tubuh. Kenapa gue bisa sangat berani menyanggah pernyataan tersebut??! Karena gue sendiri juga adalah pelaku OBE dan NDE. Dan tentunya karena pernyataan di forum agak berbeda dengan pengalaman gue sendiri, gue coba browsing pengalaman-pengalaman orang yang juga pernah mengalaminya tapi nihil menemukan orang lain yang merasa sakit saat roh nya keluar dari tubuhnya. Entahlah mungkin gue kurang tekun nyari sampe jam 7 pagi atau emang OBE-ers yang merasakan sakit saat roh nya keluar belum memberi testimoni di internet.

Yang membaca tulisan ini, pasti akan bertanya-tanya bagaimana gue bisa punya pengalaman OBE. Jawaban gue cuma simple 'ga tau'. Gue bukan anak goib, indigo, atau yang tajam indera keenamnya. Gue cuma cewe biasa yang kalau gue bilang sih apes saja bisa punya kemampuan ini. Entah apes entah ada maksud Tuhan memberikan gue hal tersebut gue ga tau, karena hingga detik ini sudah 11 tahun gw mendapatkan ini dan sampai sekarang belum tau kenapa dan maksudnya apa bisa diberikan kemampuan ini.

Kalau kalian membaca lengkap link wikipedia yang gue kutip dan bahkan lebih bagus lagi kalau ikut googling sumber lain, kalian akan tau untuk mendapatkan OBE ini bisa secara tiba-tiba dan latihan raga sukma entah apalah itu sehingga bisa mengontrol dan mengeluarkan sendiri roh dari tubuh secara sadar. Gue termasuk kategori yang pertama. Sori yeeee boro-boro mau latihan kontrol wong tiap kejadian aja gw takutnya setengah mampus. Takut ga bisa balik ke tubuh fisik dan akhirnya beneran is dead.

OBE yang gue alamin selalu gue dapat pada saat sedang tidur. Mungkin kalian akan berpendapat halah palingan cuma mimpi saja dibesar-besarkan. Ohhh tidak saudara-saudara! Jika sudah pernah mengalaminya dijamin kalian akan bisa membedakan secara pasti bahwa itu OBE bukan mimpi yang seperti biasanya menemani tidur kalian. Setidaknya itu yang gue rasakan sejak gue pertama kali mengalaminya. Cukup sekali! Dan sejak itu setiap gue mengalaminya, gue tau itu OBE dan roh gue akan teriak-teriak histeris 'enggak, enggak, enggak mau, enggak mau Tuhan'. Tapi apa daya di luar kontrol gue, ya kejadian aja gitu plong roh sudah mengambang hopeless memandangi tubuh fisik di depan mata, stress mikirin gimana caranya balik lagi atau gue tiba-tiba entah sudah dimana, tempat yang gue ga pernah kunjungi dan yang ada beberapa diantaranya gue yakin tidak ada di dunia.

Hingga saat ini OBE dan NDE yang gue alamin totalnya enam kali yang bisa gue ingat. Sebelas tahun lalu saat gue mengalami pertama kalinya, gue mengalami itu selama tiga malam berturut-turut yang berbuntut kepada gue ga berani tidur di hari-hari berikutnya takut setiap tidur bakal terlepas mulu. Yang keempat gue alamin ada jeda waktu tiga tahun dengan yang ketiga. Yang mana bikin gue kaget karena gue kira itu kemampuan sudah hilang. Kelima dan keenam gue alamin setelah jeda enam tahun dengan yang keempat. Disini gue lebih kaget lagi karena jeda waktunya sangat jauh dengan kejadian yang terakhir sehingga akhirnya gue mengambil kesimpulan bahwa ada kemungkinan besar kemampuan ini susah hilangnya atau mungkin akan gue dapati seumur hidup. Disini gue panik sejadi-jadinya dan tanpa babibu menceritakan kepada bapak gue mengenai hal ini, yang tidak pernah gue ceritakan karena takut orangtua gue akan khawatir. Bapak gue kaget mendengar ini apalagi gue cerita sambil nangis karena baru saja kejadian. Pesan gue ke bapak gue waktu itu cuma satu, kalau semisal gue tiba-tiba mati tanpa sebab, tolong ditunggu agak lama sebelum dikuburkan, karena bisa jadi gue lagi OBE dan kesulitan untuk balik ke tubuh fisik gue. Karena itulah yang gue alami setiap gue mendapat OBE. Perjuangan kembali ke tubuh fisik itu luar biasa susahnya dan kalau sudah kembali sakitnya luar biasa terutama di kepala dan punggung.

Untuk pengalaman detil tentang apa yang gue alamin selama gue mendapatkan OBE, gue engga bisa cerita disini. Yang bisa gue bagi adalah selama mendapatkan OBE itu, gue juga mendapatkan NDE  kalau menurut berbagai sumber yang gue baca di internet biasanya didapati oleh orang sakit atau yang sedang koma, tetapi bisa terjadi di orang sehat yang mengalami OBE. Ciri-ciri singkat OBE dan NDE yang gue alamin yang bisa gue tuliskan disini:

  1. Roh keluar dari tubuh, melayang-layang, dan tembus benda padat
  2. Mendapati terowongan gelap
  3. Merasakan kehadiran Tuhan, tidak melihat hanya merasakan damai yang luar biasa tiba-tiba
  4. Tiba-tiba berada di tempat lain yang ada beberapa diantaranya pda saat terjadi gue sense dan tau kalau gue tidak berada di bumi
  5. Waktu yang berbeda. Bukan karena gue berada di dunia yang berbeda. Tapi saat gue berada di bumi pun gue merasa kayaknya gue pergi itu udah lamaaaaaa banget, bangun-bangun 'loh gue cuma tidur 5 menit toh'
  6. Mendengar suara yang merdu sekali yang gue secara otomatis tau kalau itu bukan suara makhluk hidup hahaha
Cuma itu yang bisa gue tuliskan disini mengenai pengalaman OBE dan NDE gue. Cerita lengkapnya hanya untuk kalangan gue dan pribadi-pribadi yang gue kenal dekat.

Inggo Lia

No comments:

Post a Comment

Instagram