Das Neuburger Schloßfest

The Neuburg Castle Festival is a middle age festival that held once per two years. Thus it is very special and surprisingly unique. Of all the festivals I had attended in Germany, this one is the best (note. I have not been in Cologne festival yet). You will be in awe and excited when you were there. So if you are in Germany or planning to have a holiday here in July, I highly recommend that you check the schedule of das Schlossfest (Castle Fest). Hopefully your holiday time coincide with this festival! I assume this festival held in some areas in Germany. The one here is in Neuburg, a city close to Ingolstadt.

I prefer writing in English, however since my family's English is not that good I use Indonesia. I want them to also be able to see the world through my eyes. Just drop me a comment if you want to know about this fest.

--- Oke, kembali ke bahasa Ibu ---

Festival Kastil Neuburg

Aku bisa bilang bahwa ini adalah salah satu pengalaman paling menarik dalam hidupku! Dari aku turun kereta dan berjalan menuju kastil, aku sudah sangat gembira karena hawa festival terasa dimana-mana. Jadi ketika aku sampai di tempat perkara, aku benar-benar menikmati setiap detik nya!

Sesuai namanya, kastil ini adalah kastil yang terletak di Neuburg. Sebuah kota kecil yang terletak tidak jauh dari Ingolstadt. Festival ini dimulai sejak middle age (abad pertengahan) dan sampai sekarang masih tetap dilestarikan oleh penduduk setempat (untuk hal menjaga tradisi dan sejarah, memang aku sangat iri dengan Jerman). Dari yang aku dengar dari Kira, teman Jermanku, festival ini asal usulnya adalah untuk merayakan pernikahan yang terjadi antara raja Jerman (tepatnya raja Landshut) dan putri dari Polandia. Sejak mereka menikah, perayaan besar-besaran tetap terjadi sekali 2 tahun untuk memperingatinya. Sayangnya pernikahan ini tidak membuahkan keturunan. Inilah yang menjadi asal usul kenapa ibu kota dari provinsi Bayern yang dulunya ada di Landshut dipindahkan ke München (Munich). Menarik bukan? Akan tetapi kenapa festival malah dirayakan di Neuburg dan bukan di Landshut, Kira kurang tau penyebabnya.

Musik dan Konser
Layaknya perayaan pasti dimeriahkan dengan musik. Kemanapun melangkah pasti ada grup musik kecil-kecilan yang melakukan pawai ke sekitar wilayah kastil. Aku pun sempat menonton konser yang diadakan selama sejam.



































Seperti bisa dilihat di foto-foto diatas, hampir semua menggunakan baju abad pertengahan. Ini tidak hanya berlaku pada personel yang berpartisipasi di festival, tetapi juga kepada banyak pengunjung. Kira pun muncul dengan kostumnya! Inilah yang membuat festival ini makin meriah.

Surga Makanan
Entah kenapa banyak sekali disini jenis-jenis makanan yang tidak pernah aku temui sebelumnya di festival-festival lainnya. Tentunya juga para pemilik stand makanan berusaha sebisa mungkin memasak dengan alat setradisional mungkin. Salah satu makanan yang aku coba adalah Schlawußn. Roti berbentuk tulang ini berisi bacon dan keju. Sehr Lecker!



Gambar dibawah ini mengingatkanku kepada salah satu adegan di Game of Thrones.

Aktivitas dan Permainan
Ini juga tidak kalah banyaknya disediakan disini. Banyak aktivitas yang disediakan untuk orang dewasa, tapi tidak bisa mengimbangi aktivitas yang disediakan untuk anak-anak. Menurutku ini adalah salah satu cara yang sangat baik untuk memperkenalkan dan tentunya menumbuhkan rasa cinta terhadap tradisi dan festival rakyat. Buktinya festival ini selalu dirayakan dengan teratur. Tanpa partisipasi dan tanggapan positiv dari penduduknya mustahil tradisi ini bisa melintasi generasi.

Permainan melempar telur dengan bola besi.
Bowling abad pertengahan 
Carousel jaman dahulu kala, tentunya diputar secara manual.
Selain permainan banyak juga aktivitas seperti pandai besi, pengolah tepung, pengolah roti yang disediakan untuk anak-anak.

Badestube
Ini adalah kegiatan yang bikin aku benar-benar syok. Tidak hanya aku...teman-temanku yang notabene dari Spanyol dan Meksiko juga cukup terperangah. Yang Jerman pun terkejut!
Badestube artinya adalah bak mandi. Jadi kegiatan ini adalah kegiatan yang diperuntukkan orang dewasa, dimana yang tertarik bisa mandi beramai-ramai didalam 2 bak kayu sambil menikmati bir. Pria dan wanita dapat mandi dalam satu bak. Bagi wanita akan disediakan pemijat pria begitu juga sebaliknya.

Yang membuat kegiatan ini sensasional adalah penutup tubuh yang disediakan untuk memasuki bak mandi. Bagi wanita disediakan bikini versi zaman dahulu. Bikini ini layaknya bentuk bikini zaman ini, hanya sepertinya terbuat dari bahan katun atau goni. Bagi kaum pria disediakan kain penutup kecil sebesar sekitar 30 centimeter yang diikatkan ke pinggang. Ketika aku baru sampai di bar ini (kegiatan ini diadakan di halaman sebuah bar) ada satu kloter yang baru saja selesai mandi. Ketika para pria-pria itu berdiri langsung pemandangan pantat-pantat pria memenuhi mataku hahaha! Syok benar-benar syok dan hanya bisa terperangah sambil tertawa. Benar-benar sesuatu yang baru.

Sekitar pukul delapan malam aku dan teman-teman kembali ke bar ini karena kita membutuhkan tempat nongkrong sambil menunggu teman lain yang belum tiba di festival. Lagi-lagi aku terkejut pasalnya disinilah aku baru benar-benar melihat lebih jelas kegiatan ini. Ternyata ketika para pria akan masuk bak, berhubung bak nya tinggi (bisa dilihat di gambar bahwa baknya setidaknya diatas paha) maka mereka harus mengangkat kakinya tinggi. Dan yep saudara-saudara, kain penutup kecil itu tentunya sudah tidak memenuhi fungsinya lagi. Penis nya (maaf) otomatis ngintip semua! hahaha. Yah malam itu aku menikmati banyak penis dan bokong. Benar-benar menambah keseruan hari itu!

Inggo Lia

No comments:

Post a Comment

Instagram