Productive Day


Long weekend kali ini aku isi dengan kegiatan bebersih berhubung flat yang baru aku tinggali sejak tanggal 30 mei kemarin masih sangat berdebu. Berhubung pindahnya hari selasa dan hari-hari berikutnya masih sibuk beraktifitas, aku tidak sempat sama sekali membersihkan apapun. Tempat tidur pun hanya dilapisi seprai seadanya.

Sabtu akhirnya tiba! Mulailah aku bebersih. Area yang pertama kali kujarah adalah dapur! Most important! Tetapi seperti biasa tangan ini tetap gatal kalau tidak memasak. Selain itu berhubung beberapa hari ini di otak terbayang-bayang selalu dimsum, jadilah aku eksekusi membuat dimsum. Ini kali kedua aku membikin dimsum dan dibandingkan yang pertama sudah jauh lebih baik dari segi tekstur. Percobaan pertama agak keras karena aku lupa menambahkan air di adonannya. Yang ini pas banget saat dikunyah.


Jadi dimsum ini adalah makan siangku setelah sibuk beberes selama 4 jam. Anyway dimsum ini tidak halal. Karena selain pakai pork; aku juga iseng nambahin arak cina kedalamnya. Hasilnya mantap!

Hmmm tapi kulitnya agak berantakan. Entah kenapa kulit lumpia yang aku simpan di freezer jadi kering banget sehingga dimsum ku agak susah dibentuk dan agak pecah-pecah kulitnya.

Setelah makan dimsum aku menuju supermarket berhubung sarung tangan yang kugunakan rusak. Aku ga bisa bayangkan bersih-bersih tanpa sarung tangan selama 3 hari.

Anyway selesai belanja aku lanjut lagi bersih-bersihnya meskipun ga lama kemudian aku hentikan karena lapar. Aku masak nasi, bersihkan kangkung, dan bikin adonan bakwan. Finally aku berhasil bikin bakwan yang renyah disini. Meskipun aku pribadi lebih suka bakwan yang agak lembek sedikit tetapi bakwan rapuh menjadi tantangan sendiri sejak aku disini. Sudah berkali-kali bikin tetap tidak renyah dan kalaupun renyah hanya bertahan 10 menit.

Kuncinya adalah di tepung. Dari dulu aku sudah tahu kalau tepung terigu disini punya protein tinggi (10g atau sekitar 20%) yang memang sangat cocok untuk baking tapi tidak untuk gorengan. Untuk bakwan jagung ini aku pakai tepung jagung (8g protein) dan dicampur sedikit tepung terigu. Hasilnya renyah! Ada gunanya juga aku bandingkan satu persatu jenis tepung di Kaufland (salah satu supermarket disini).



Pada akhirnya aku tidak selesai membersihkan dapur kemaren. Tapi menurutku aku tetap produktif berhubung sambil bersih-bersih aku tetap bisa menyiapkan 4 jenis masakan. Produktive, isn't it?



Inggo Lia

No comments:

Post a Comment

Instagram